الاثنين، 25 فبراير 2013



keindahah indonesia

Bunaken, Dengan Keindahan Bawah Lautnya.


Bunaken dikenal dunia dengan pesona keindahan bawah lautnya yang memang punya ciri khas tersendiri di mata para wisatawan mancanegara, mereka selalu memuji dan mengagumi keindahan alam yang dimiliki provinsi Sulawesi Utara Indonesia.


Bunaken adalah merupakan sebuah pulau seluas 8,08 km2 yang terletak di Teluk Menado.  Pulau ini merupakan bagian dari Kota Menado (ibukota Sulawesi Utara) yang dapat ditempuh dari pelabuhan kota Menado dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan selama 30 menit .  Di sekitar Pulau Bunaken ini terdapat taman laut Bunaken yang merupakan Taman Nasional Bunaken.  Taman laut ini memiliki salah biodiversitas kelautan tertinggi di dunia.  Selam scuba sangat menarik bagi pengunjung pulau ini .


Secara keseluruhan taman laut Bunaken ini meliputi areal seluas 75.265 ha dengan lima pulau berada di dalamnya yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen dan Pulau Mantehage (berikut anak pulaunya) dan Pulau Naen.

Kekayaan alam


Selain memiliki pantai pasir warna putih, ribuan jenis biota laut dan ikan hias terdapat di sana. Objek wisata Taman Laut ini diibaratkan orang 'akuarium raksasa' yang memamerkan jenis karang dan tumbuhan laut beraneka ragam dengan keindahan yang menakjubkan.
Berbagai jenis ikan hias seperti napoleon, ular laut, ikan duyung, hiu semua jenis, kura-kura, barracuda, ikan jenis scorpion, tuna, dan ikan lion hidup di taman laut ini.


Taman Nasional Bunaken diresmikan oleh Presiden RI Soeharto pada tanggal 24 Desember 1991 dengan kekayaan potensi biologis daratan seperti berbagai jenis flora kelapan, palma, sagu, siular, dan woka.  Sedangkan fauna spesifik adalah kera hitam dan kuskus juga mewarnai TN Bunaken.  Selain itu habitat pasir putih yang bertopografi landai, kaya dengan kehidupan berbagai jenis umang, kepiting dan udang,

Surga bagi penyelam
Daya tarik kehidupan bawah air sangat variatif, spesifik, unik, .dan eksotik sehingga kawasan Bunaken menjadi primadona pariwisata Sulut, terutama bagi para penyelam.


Meskipun meliputi areal seluas 75.265 ha lokasi penyelam (diving)  hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau.  TN Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (drive spot)  dengan kedalaman hingga 1.344 meter, 12 diantaranya berada di Pulau Bunaken dan lokasi inilah yang paling sering dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.  12 titik penyelaman ini berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut dan di wilayah inilah terdapat underwater great walls yang disebut hanging walls atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertical dan melengkung ke atas.  Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Keindahan bawah laut
Hamparan terumbu karang yang menghiasai perairan Pulau  Bunaken lebarnya mencapai 2,5 km. Yang sangat spesifik formasinya dimulai dengan karang datar di kedalaman kurang lebih 5 meter dan membentuk bukit di bawah air sampai ke tebing vertical.
Pada tebing  di kedalaman itu memiliki gua, ceruk, dan rekanan yang tertutup sponge dengan beraneka ragam warna yang dihuni berbagai jenis vertebrata dan invertebrata laut
Selain karangnya yang indah terdapat pula biota laut seperti akar bahar,  karang kipas, karang lunak, hydroid, penyengat, cacing laut, bintang laut teripang laut bahkan kima raksasa yang dapat mencapai ukuran satu meter menghiasi Taman Laut Bunaken.

Daya tarik kehidupan bawah air ini sangat variatif, spesifik, unik dan eksotik sehingga kawasan itu menjadi primadona pariwisata Sulut yang terletak di wilayah hukum Pemerintah Kota Manado, dan tersohor namanya di dunia sebagai wisata bahari.

Pertunjukkan Lumba-lumba
Pesona wisata lain yang tak kalah menariknya terdapat di Bunaken. Anda bisa menyaksikan pertunjukkan gratis ikan lumba-lumba pada sore hari di sekitar pulau tersebut

Perjalanan dan biaya
Namun untuk menikmati semua pemandangan indah tersebut, Anda harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Bila laut dalam situasi yang tidak bersahabat, Anda harus ekstra hati-hati karena berisiko tinggi.
Tapi, Anda tidak perlu khawatir sebab pemandu wisata yang.sudah terbiasa selalu memberikan informasi tentang boleh-tidaknya berlayar berkunjung di lokasi itu.
Untuk mencapai Bunaken perjalanan dimulai dari Pelabuhan Manado menggunakan perahu motor tradisional atau angkutan umum membutuhkan waktu 45 menit.  
Untuk angkutan umum jenis perahu motor tradisional, ongkosnya per orang Rp25 ribu dan waktu pemberangkatan oleh pemilik perahu angkutan umum ditetapkan pukul 14.00-15.00 WTA.


Ada juga perusahaan pemandu khusus yang menyewakan speed boat setiap saat. Biaya angkutannya bervariasi, paling murah tarif yang berlaku saat ini untuk kapasitas 15 orang diangkut pulang pergi
sebesar Rp 500 ribu-Rp750 ribu. Anggaran itu belum termasuk dengan tarif angkutan perahu kaca untuk melihat keindahan Taman Laut Bunaken.
Untuk sekali diving (selam) selama 45 menit, biaya yang harus dikeluarkan membayar alat perlengkapan, termasuk perahu, US$25. Itu sudah diperhitungkan dengan petugas pemandu. Untuk perlengkap­an snorkeling berupa masker dan fin, ongkosnya Rp30 ribu sehari.
Selain Taman Laut, pano­rama wisata lain yang dapat dinikmati para wisatawan di Pulau Bunaken, yaitu Pantai Pasir Putih.
Di lokasi tersebut dibangun sejumlah penginapan dengan tarif yang relatif murah.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق